Fahutan Untan Kirim Lima Mahasiswa Ikuti Students Exchange ke Kyoto University Jepang

Fakultas Kehutanan (Fahutan) Untan mengirimkan Empat orang mahasiswa Program S1 Prodi Kehutanan dan Satu orang mahasiswa Program S2 Prodi Ilmu Kehutanan dalam kegiatan Students exchange ke Kyoto University Jepang, 7 – 17 November 2019.

Kegiatan Students Exchange merupakan perwujudan dari kerjasama (MoU) antara Universitas Tanjungpura dan Kyoto University Jepang. Mahasiswa Fahutan yang mengikuti Students exchange ke Kyoto University Jepang untuk program S1 yaitu Palguna Wiranata, Ulvatur Rochmawati Nauli, Maria Novita, Kiara Ayu Listiani sementara untuk program S2 yang ikut yaitu Wi Tjhun, S.Hut.

Dekan Fakultas Kehutanan Untan, Dr Ir Gusti Hardiansyah MSc QAM menyatakan kegiatan Students Exchange adalah salah satu Key Performance Indikator dari kerjasama antara Universitas Tanjungpura dan Kyoto University Jepang.

“Dengan program ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan akademik mahasiswa, memahami penelitian bidang teknologi kayu dan manajemen hutan yang saat ini berkembang di bidang ilmu Kehutanan di negara jepang serta mempelajari budaya dan etos kerja bangsa Jepang”,ucapnya.

Selama di Kyoto University mahasiswa akan bertemu dengan Direktur Research Institute for Sustainable Humanosphere (RISH) Kyoto University untuk berdiskusi tentang penelitian bidang Kehutanan yang sedang dikembangkan saat ini dan mempelajari Manajemen hutan Cedar dan proses produksi kayu menjadi produk unggulan di Kitayama Cedar Wood Industries.

Mahasiswa juga akan mempelajari riset di bidang pengawetan kayu bersama Prof Tsuyoshi Yoshimura, mempelajari riset di bidang tanaman obat dari hutan bersama Prof Michiho Ito, Mempelajari riset di bidang Anatomi dan Ultrastruktur Kayu bersama Prof Sugiyama, mempelajari Manajemen Xylarium dan Karbon dari Biomassa bersama Prof Hatta. Selain itu, mereka mempelajari budaya dan tradisi masyarakat Jepang, Mempelajari pengelolaan hutan kota di Nara Park dan menampilkan lagu nasional yang berjudul “Tanah Air” dan lagu Jepang yang berjudul “Wherever You Are” dan Tarian Tradisional Indonesia “Selayang Pandang