Kompetesi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2020

Sesuai dengan tujuan pendidikan tinggi, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) menetapkan pola pembinaan mahasiswa untuk memberi wadah berkembangnya potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, krastif, terampil, kompeten dan berbudaya.

Salah satu usaha pembinaan tersebut adalah melalui kompetisi debat, yang telah dirumuskan dalam Kompetesi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2020. Kegiatan Debat sangat penting untuk dilakukan mengingat Indonesia adalah negara berkembang dan diharapkan kegiatan debat ini dapat dijadikan agenda dan perlu menjadi bagian akademik mahasiswa.

Kegiatan debat menuntut mahasiswa tidak hanya mempu mengungkapkan ide dalam bahasa Indonesia, tetapi juga menuntut mahasiswa mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat judgement dan meyakinkan publik. Di dalam debat, mahasiswa akan dihadapkan pada persoalan-persoalan nyata yang dihadapi suatu masyarakat atau bangsa.

Kegiatan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Fakultas Kehutanan Untan dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Kehutanan Untan Nomor : 658/UN22.7/KM/2020 tanggal 11 Februari 2020 tentang SK Panitia Pelaksana dan Tim Penilai Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk berpikir kritis dan analitis, serta mampu menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis. Diharapkan pula kegiatan ini dapat memperkuat karakter mahasiswa melalui pemahaman akan permasalahan nasional dan internasional beserta alternatif pemecahannya.

Kegiatan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Fakultas Kehutanan Untan Tahun 2020 adalah bersifat ajang Perlombaan dalam rangka memilih Tim Debat tingkat Fakultas yang menjadi wakil dari Fakultas Kehutanan Untan untuk mengikuti lomba KDMI tingkat Universitas Tanjungpura. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Fakultas Kehutanan Untan pada bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Kehutanan Untan pada tanggal 12 sd 22 Februari 2020 di Fakultas Kehutanan Untan. Peserta kegiatan adalah semua mahasiswa aktif Fakultas Kehutanan Untan dan terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti).

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2020 diikuti oleh lima belas orang (15) orang peserta dan dibagi menjadi 2 kelompok dengan tema Suistainable Devepment Goals/SDGs. Kelompok yang pertama adalah kelompok yang pro pemerintah dan yang kedua adalah yang kontra dengan pemerintah, selanjutnya kedua kelompok dibalik yang awalnya pro pemerintah menjadi kontra dengan pemerintah.