Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2020

Acapkali mahasiswa dengan nilai akademik yang tinggi tidak memanfaatkan peluang untuk menggunakan waktunya dalam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler. Sebaliknya mahasiswa yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan dan kegiatan pengembangan soft skills tidak memperoleh nilai akademik yang tinggi. Sementara itu, dalam era persaingan bebas dibutuhkan lulusan yang memiliki hard skills dan soft skills yang seimbang. Oleh karenanya di tiap perguruan tinggi perlu melakukan identifikasi mahasiswa yang dapat melakukan keduanya dan yang terbaik perlu diberi penghargaan sebagai mahasiswa yang berprestasi.

Salah satu upaya untuk mendukung pencapaian dan sekaligus sebagai indikatornya, Ditjen Dikti mengadakan kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi, yaitu pemilihan mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Kegiatan ini terdiri dari 2 jenis pemilihan yaitu untuk Program Diploma dan Sarjana.

Kegiatan mahasiswa Berprestasi Fakultas Kehutanan Untan dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Kehutanan Untan Nomor : 657/UN22.7/KM/2020 tanggal 11 Februari 2020 tentang Panitia Pelaksana, Pembimbing Karya Tulis Ilmiah dan Tim Penilai Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura tahun 2020.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memilih dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang meraih prestasi tinggi serta memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler sebagai wahana menyinergikan hard skills dan soft skills mahasiswa. Diharapkan pula kegiatan ini dapat mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan iklim kehidupan kampus yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi yang membanggakan secara berkesinambungan.

Adapun bentuk dari kegiatan PILMAPRES adalah bersifat ajang Perlombaan dalam rangka memilih Mahasiswa Berprestasi tingkat Fakultas yang nantinya akan menjadi wakil dari Fakultas Kehutanan Untan untuk mengikuti lomba PILMAPRES tingkat Universitas Tanjungpura.

Kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2020 Fakultas Kehutanan Untan dilaksanakan oleh Fakultas Kehutanan Untan pada bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Kehutanan Untan dari tanggal 4 sd 20 Februari 2020 dilaksanakan di kampus Fakultas Kehutanan Untan Jl. Daya Nasional Komplek Untan Pontianak.

Peserta kegiatan adalah mahasiswa aktif Fakultas Kehutanan Untan maksimal semester VI dan memiliki Indeks Prestasi Kumulatif 3,00. Pendaftaran PILMAPRES dilaksanakan mulai tanggal 4 sd 11 Februari 2020 adalah pendaftran Mawapres via online http://bit.ly/DaftarMawapres2020, setelah data-data calon Mawapres masuk maka dilakukan seleksi tahap 1 untuk penentuan 20 besar yang dilaksanakan dari tanggal 12 sd 14 Februari 2020 oleh panitia Pemilihan Mahasiswa Berprestasi yang mana pada saat 20 besar mereka harus mengumpulkan syarat administrasi berupa syarat umum dan syarat khusus baik berupa prestasi atau penghargaan yang pernah dicapai baik prestasi ikut kegiatan atau perlombaan tingkat lokal, nasional maupun internasional yang harus dilengkapi oleh masing-masing peserta.

Selanjutnya dilaksanakan seleksi tahap 2 yaitu pada tanggal 15 sd 17 Februari 2020 oleh panitia Pemilihan Mahasiswa Berprestasi untuk mendapatkan 6 besar. Pada saat mereka sudah masuk 6 besar mereka wajib membuat Karya Tulis Ilmiah dan video dalam bahasa Inggris yang akan ditayangkan. Selanjutnya dilaksanakan Final untuk penentuan pemenang Mahasiswa Berprestasi tingkat Fakultas.

Puncak pemilihan mahasiswa berprestasi Fakultas Kehutanan adalah pada tanggal 20 Februari 2020 yang mana masing-masing peserta diminta untuk mempresentasikan Karya Tulis Ilmiah mereka di depan Tim Penilai atau juri dan semua audien (mahasiswa Kehutanan aktif semua angkatan) dan mereka harus bisa menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh Tim Penilai atau juri, dan selama presentasi tersebut mereka dibatasi waktu, untuk presentasi makalah sekitar 10 menit dan tanya jawab 5-7 menit dan terakhir pemutaran video dalam bahasa inggris selama 6 menit. Juri akan memberikan pertanyaan kepada masing-masing peserta sesuai dengan Karya Tulis yang telah mereka buat.