Sylva Untan, wadah meningkatkan wawasan dan kreatifitas tentang pengembangan di bidang hutan dan kehutanan

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kehutanan Sylva Indonesia PC. Untan, terbentuk sejak 27 september 1979.

Setiap mahasiswa fakultas kehutanan Untan, secara otomatis menjadi anggota Sylva dengan beberapa kriteria yaitu anggota biasa ( mahasiswa yg terdaftar di kehutanan Untan secara akademis), anggota muda (mahasiswa yang telah mengikuti proses pengkaderan yaitu sylva camp), anggota kehormatan (mahasiswa yang telah mengharumkan nama Fakultas Kehutanan Untan dan organisasi) dan yang terakhir adalah anggota luar biasa (mahasiswa Fakultas Kehutanan yang sudah menyelesaikan masa studi dan berstatus alumni.

Dalam melakukan pembinaan dan pengkaderan terhadap anggotanya, Sylva Untan melakukan 2 kegiatan antara lain latihan integrasi kehutanan (LINK) dan Sylva Camp.

Kegiatan lain yang juga dilakukan oleh Sylva Untan yaitu mengadakan seminar-seminar yang berasaskan isu isu lingkungan dan kehutanan, gerakan peduli kehutanan atau lingkungan seperti sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya hutan bagi manusia, dan penanaman bibit pohon.

BEM Sylva Untan juga berupaya menambah ketajaman wawasan mahasiswa dengan membentuk Kelompok pemerhati Sumber Daya Alam (KPSDA) yang terbagi menjadi 6 kelompok, yakni KPSDA daon (tumbuhan),KPSDA Aves (burung), KPSDA Pasukan Serangga, KPSDA pasukan anggrek, KSDA Herpetofauna, dan juga KPSDA mammals (mamalia).

Pada dasarnya setiap kegiatan yang diselenggarakan Sylva Untan telah diselaraskan dengan mata kuliah yang terdapat di kampus sehingga diharapkan dapat tercipta sinergi yang baik guna mendukung tercapainya visi misi BEM Sylva Untan dan Fakultas Kehutanan.

Di tahun ini, BEM Sylva Untan memiliki program unggulan yaitu belajar bersama Masyarakat, dimana akan dibentuk satu desa binaan yang bertujuan dapat membantu masyarakat memahami arti pelestarian hutan.