Kiat Jitu Tembus Program Kreativitas Mahasiswa Tingkat Nasional

Lulusan Perguruan Tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. Kekurangan atas salah satu dari keempat keterampilan/kemahiran tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan.

Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana, yaitu PKM.

PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

PKM diperuntukkan bagi mahasiswa di seluruh Perguruan Tinggi melalui penyediaan dana yang bersifat kompetitif, akuntabel dan transparan.

Pelaksanaan kegiatan webinar ini adalah berdasarkan SK yang akan ditetapkan oleh Pimpinan Fakultas dan berpedoman kepada Buku Panduan PKM 2020 yang diterbitkan oleh Direktorat Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tujuan Kegiatan webinar ini antara lain :
a. Memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan
b. Mahasiswa menjadi kreatif dan inovatif
c. Mahasiswa akan menjadi objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual

Adapun bentuk kegiatan adalah webinar atau Web-Seminar yang dilaksanakan secara online di Fakultas Kehutanan Untan pada tanggal 15 Nopember 2020.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh bagian Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Kehutanan Untan, dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pontianak.