Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru TA 2020/2021

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi mahasiswa baru kembali dilaksanakan dalam rangka menyambut mahasiswa baru Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura.

Kegiatan PKKMB dilaksanakan berdasarkan surat Keputusan Rektor Untan Nomor : 2738/UN22/KM/2020 tanggal 7 Agustus 2020 tentang Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dilingkungan Universitas Tanjungpura Tahun Akademik 2020/2021 dan selanjutnya untuk pembentukan panitia PKKMB tingkat Fakultas yang melibatkan unsur Dosen, Tenaga Kependidikan dan juga Mahasiswa maka Dekan Fakultas Kehutanan Untan mengeluarkan Surat Keputusan Dekan Nomor : 2327/UN22.7/KM/2020 tanggal 14 Agustus 2020 tentang Panitia Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Kehutanan Untan Tahun Akademik 2020/2021.

Kegiatan PKKMB Fakultas Kehutanan Untan Tahun Akademik 2020/2021 ini mengambil tema : “Mewujudkan Rimbawan yang SMART di Era Kenormalan Baru”, tema ini dipilih karena memiliki arti yang sangat luas dimana di tahun 2020 ini kita terkena pandemi COVID-19 sehingga sebagian kegiatan PKKMB harus dilaksanakan secara daring dan ada juga secara tatap muka dengan tetap melaksanakan protokol COVID yaitu cuci tangan, menggunakan masker dan jaga jarak. Istilah SMART selain dapat diartikan kata cerdas/pintar juga berupa singkatan yaitu Specific, Measurable, Achievable, Realistic dan Timely.

Adapun maksud dari SMART ini dapat diuraikan sebagai berikut Specipic adalah tujuan yang ingin dicapai sebagai seorang Rimbawan adalah harus jelas, fokus pada target yang ingin dicapai, Measurable adalah apa yang ingin di capai sebagai seorang Rimbawan harus dapat diukur misalnya seberapa kuat seberapa sering atau seberapa dalam, Achievable adalah tujuan yang ingin dicapai sebagi Rimbawan harus dapat dicapai dengan begitu sebagai mahasiswa baru harus berkomitmen untuk mencapainya dengan sungguh-sungguh, Realistic atau masuk akal adalah jangan membuat tujuan yang sulit sehingga tidak mungkin untuk dicapai atau membuat tujuan yang tidak sejalan dengan keinginan dan Timely adalah seorang Rimbawam harus bisa menetapkan kapan tujuan tersebut harus dicapai dengan adanya batas waktu maka akan berpacu untuk segera memulainya.

Kegiatan ini bertujuan antara lain :
1. Meningkatnya kesadaran bernegara, berbangsa dan cinta tanah air dalam diri mahasiswa baru
2. Mahasiswa baru memahami arti pentingnya pendidikan yang akan ditempuhnya dan pendidikan karakter bagi pembangunan bangsa serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mahasiswa baru memahami dan mengenali lingkungan barunya, terutama organisasi dan struktur perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan.
4. Terciptanya persahabatan antar mahasiswa, pendidik dan tenaga kependidikan.
5. Memperkenalkan, mempersiapkan dan mengakselerasi mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang sadar akan hak dan kewajibanya, memuat antara lain tentang sistem pendidikan tinggi kegiatan akademik dan kemahasiswaan serta kebijakan kampus, serta materi bela negara, radikalisme, penyaahgunaan narkoba sehingga dapat mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Fakultas Kehutanan Untan dari tanggal 9 sampai dengan 12 September 2020 dilaksanakan dalam bentuk seminar dan ada dialog langsung atau tanya jawab antara mahasiswa dengan narasumber atau pembicara yang dilaksanakan secara daring dan luring.