Tetap Eksis Menjadi Entrepreneur di Masa Pandemi Covid-19

Kebanyakan bisnis di seluruh dunia termasuk saat ini sedang menghadapi masa-masa sulit karena pandemi Covid-19.

Pandemi yang melanda menyebabkan ekonomi global mengalami penurunan, UMKM menjadi salah satu komponen bisnis yang ikut-ikutan terkena imbasnya.

Padahal, menurut data dari IDX Channel, UMKM seharusnya ditargetkan mampu berkontribusi sebesar 18% terhadap perekonomian Indonesia pada 2020 hingga 2024. Bahkan, usai 2024, kontribusi UMKM diprediksi mencapai 30,2%.

Supaya dapat bertahan bahkan berkembang, UMKM harus mampu beradaptasi dengan situasi. Beberapa solusi yang dapat dilakukan antara lain, melakukan transformasi menuju ke arah digital.

Selain memaksimalkan berbagai saluran pemasaran online, UMKM juga perlu melakukan survival innovation seperti meluncurkan varian produk makanan beku atau menyediakan fasilitas lantatur (layanan tanpa turun).

Inovasi tidak hanya berupa penciptaan value atau ide, tetapi juga dapat berupa kebaruan (novelty) dari segi produk, proses, dan layanan. Kita Tidak harus kita memiliki ide yang benar-benar baru, kita juga bisa melakukan improvement yang sudah ada.

Sebagai contoh, UMKM dapat menawarkan value tambahan dengan membuat produk dalam bentuk paket sehingga pelanggan tidak membandingkan harga satuan suatu produk dengan produk lainnya.

Salah satu yang juga ingin dikembangkan di Perguruan Tinggi yaitu mengembangkan jiwa entrepreneur dilkalangan mahasiswa, melihat kondisi pandemi sekarang ini banyak usaha yang tutup apalagi bagi entrepreneur baru yang belum mapan sehingga dapat melemahkan semangat yang ada.

Inilah yang melatar belakangi pelaksananaan Webinar Tetap Eksis menjadi Entrepreneur di Masa Pandemi COVID-19.

Kegiatan ini bertujuan antara lain :
a. Memberikan solusi kepada mahasiswa yang memiliki usaha untuk tetap eksis mengembangkan usahanya dengan inovasi produk
b. Mengajak Entrepreneur Muda untuk Kreatif dan Inovatif dalam mengembangkan produk
c. Penjualan produk tidak hanya mengandalakn penjual secara manual tetapi dengan menggunakan Digital

Kegiatan diikuti oleh mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pontianak yang dilakukan secara daring pada link zoom cloud meeting dan pelaksanaan luring di Fakultas Kehutanan Untan pada tanggal 14 Nopember 2020.