Webinar Nasional Pemanfaatan Sistem Informasi Gegrafis dalam Bidang Kehutanan

Sistem Informasi Geografis adalah suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan gambaran situasi ruang muka bumi atau informasi tentang ruang muka bumi yang diperlukan untuk dapat menjawab atau menyelesaikan suatu masalah yang terdapat dalam ruang muka bumi yang bersangkutan.

Rangkaian kegiatan tersebut meliputi pengumpulan, penataan, pengolahan penganalisisan dan penyajian data-data/ fakta-fakta yang ada atau terdapat dalam ruang muka bumi tertentu.
Data/fakta yang ada atau terdapat dalam ruang muka bumi tersebut, sering juga disebut sebagai data/fakta geografis atau data/ fakta spasial. Hasil analisisnya disebut informasi geografis atau informasi spasial.

Jadi SIG adalah rangkaian kegiatan pengumpulan, penataan, pengolahan dan penganalisisan data/ fakta spasial sehingga diperoleh informasi spasial untuk dapat menjawab atau menyelesaikan suatu masalah dalam ruang muka bumi tertentu.

Sistem Informasi Geografis merupakan mata kuliah di Fakultas Kehutanan. Akan tetapi, aplikasi ilmu ini dalam bidang kehutanan masih terbatas, terutama di Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura.

Instrumen SIG memiliki berbagai kelebihan, yaitu data dapat diakses dengan mudah, cakupan luas, dan analisis dilakukan secara spasial sehingga menunjukkan persebaran fenomena tertentu.
Oleh karena ini, pemanfaatan dan penggunaan instrumen Sistem Informasi Geografis masih perlu lebih diperkenalkan kepada mahasiswa. Tujuannya, agar penelitian berbasis Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis lebih berkembang.

Inilah yang melatarbelakangi Fakultas Kehutanan Untan untuk mengadakan Seminar Nasional “PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DALAM BIDANG KEHUTANAN”
Kegiatan ini bertujuan antara lain :
a. Menambah wawasan peserta tentang pemanfaatan Sistem Informasi Geografis dalam bidang kehutanan
b. Memberikan gambaran mengenai data dan metode penelitian bidang kehutanan berbasis Sistem Informasi Geografis
c. Meningkatkan minat dan jumlah penelitian bidang kehutanan yang menggunakan Sistem Informasi Geografis sebagai instumen sehingga menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan pengelolaan hutan, manajemen hutan, konservasi hutan, dan pemanfaatan hasil hutan.

Seminar nasional ini akan dilaksanakan secara daring di Fakultas Kehutanan Untan pada tanggal 21 Nopember 2020 dari pukul 08.00-12.00 WIB dengan peserta kegiatan terdiri dari mahasiswa Fakultas Kehutanan UNTAN, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Papua, Anggota Papua Mapping Center (PMC), Anggota Indonesia Mapping Community (IMC) dan Masyarakat umum.