Seminar Bela Negara

Kesadaran Bela Negara merupakan satu hal yang mendasar yang harus dimiliki oleh setiap Warga Negara Indonesia (WNI), sebagai wujud penunaian hak dan kewajibannya dalam upaya bela negara, dalam rangka menjaga keutuhan, kedaulatan serta kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia.

Sikap bela negara perlu dilakukan ditanamkan dalam kehidupan mahasiswa melalui pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai pembinaan kesadaran bela negara sebagai sebuah upaya untuk mewujudkan WNI yang memahami dan menghayati serta yakin untuk menunaikan hak dan kewajibannya.

Hal ini menunjukan bahwa adanya Pendidikan Kewarganegaraan memiliki peran yang penting dalam membentuk karakter pribadi generasi muda.

Hal inilah yang melatarbelakangi Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura melaksanakan Kegiatan Seminar Bela Negara.

Kegiatan ini bertujuan :
a. Tujuan utama pendidikan kewarganegaraan adalah untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap serta perilaku yang cinta tanah air dan bersendikan kebudayaan bangsa, wawasan nusantara, serta ketahanan nasional.
b. Mewujudkan warga negara sadar belanegara berlandaskan pemahaman politik kebangsaan, dan kepekaan mengembangkan jati diri dan moral bangsa dalam perikehidupan bangsa.
c. Untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang berbudi luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, professional, bertanggung jawab dan produktif serta sehat jasamani dan rohani.

Kegiatan seminar ini dilakukan dalam bentuk Webinar (seminar berbasis Web) yang dilaksanakan secara daring dan juga luring pada tanggal 10 September 2020 yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pontianak.