Seminar Kesadaran Lingkungan Hidup dan Kesiapsiagaan Bencara di Perguruan Tinggi bagi Mahasiswa Baru Fakultas Kehutanan Untan

Indonesia dapat dikatakan sebagai negeri dengan “seribu bencana”.

Hal ini disebabkan wilayah Indonesia yang terletak pada pertemuan tiga lempeng tektonik yang saling bertabrakan, terletak pada the ring of fire, terletak di antara dua benua dan dua samudra, terletak pada lintang rendah di daerah iklim tropika basah, dihuni oleh berbagai ras dan suku bangsa dengan karakter yang berbeda-beda.

Bahkan pada tahun 2005, UNESCO telah menempatkan Indonesia pada urutan ke tujuh negara yang paling rawan di dunia.

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan adalah membangun masyarakat Indonesia “sadar bencana”.

Melihat pentingnya membangun masyarakat sadar bencana sebagai upaya mengurangi resiko dan dampak bencana yang selalu mengancam kehidupan manusia, Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura mengadakan seminar dengan tema Seminar Kesadaran Lingkungan Hidup dan Kesiapsiagaan Bencara di Perguruan Tinggi.

Kegiatan ini bertujuan :
1. Menambah pengetahuan mahasiswa apa saja yang harus diperhatikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan agara tidak terjadi bencana Bagaimana cara menghadapi bencana yang sudah terjadi, apa saja yang harus dipersiapkan.
2. Mengajak mahasiswa untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesadaran lingkungan karena negara kita adalah negara yang paling rentan dengan bencana alam seperti tanah longsor, banjir, gempa bumi, kebakaran hutan dan lain sebagainya.

Kegiatan dilakukan dalam bentuk Webinar (seminar berbasis Web) yang dilaksanakan secara daring dan juga luring, pada tanggal 12 September 2020 , yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pontianak.