Seminar Mahasiswa dengan Tema Belajar untuk tidak Korupsi sejak di Kampus

Perkembangan praktek korupsi dari tahun ke tahun semakin meningkat, baik dari kuantitas atau jumlah kerugian keuangan negara maupun dari segi kualitas yang semakin sistematis, canggih serta lingkupnya sudah meluas dalam seluruh aspek masyarakat.

Penyelenggaraan negara yang bersih menjadi penting dan sangat diperlukan untuk menghindari praktek-praktek korupsi yang tidak saja melibatkan pejabat bersangkutan, tetapi juga oleh keluarga dan kroninya, yang apabila dibiarkan, maka rakyat Indonesia akan berada dalam posisi yang sangat dirugikan.

Sementara itu, penanganan tindak pidana korupsi di Indonesia masih dihadapkan pada beberapa kondisi, yakni masih lemahnya upaya penegakkan hukum tindak pidana korupsi, kualitas SDM aparat penegak hukum yang masih rendah, lemahnya koordinasi penegakkan hukum tindak pidana korupsi, serta masih sering terjadinya tindak pidana korupsi dalam penanganan kasus korupsi.

Pada era reformasi sekarang ini, terwujudnya good governance antara lain harus didukung dengan penegakkan hukum terhadap tindak pidana korupsi.

Hal ini selaras dengan tujuan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme.

Melihat banyaknya kasus-kasus korupsi yang terjadi di Indonesia dan untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa baru maka Fakultas Kehutanan mengadakan Seminar dengan tema Belajar untuk tidak Korupsi sejak di Kampus.

Tujuan kegiatan ini antara lain :
a. Memberikan edukasi kepada mahasiswa bahwa tindakan korupsi sangat merugikan rakyat dan bangsa
b. Korupsi menyebabkan negara menjadi miskin karena hanya segilintir orang saja yang menjadi kaya dan dapat menghambat pembangunan untuk itu korupsi harus dibersihkan.
c. Korupsi merusak mental bangsa dan merusak semua sendi-sendi kehidupan karena pembangunan tidak akan berjalan sehingga negara Indonesia tidak bias maju
d. Mahasiswa harus dapat menjadi agent of change dan mengedukasi masyarakat dan lingkungan untuk tidak korupsi sejak dini

Kegiatan dilakukan dalam bentuk Webinar (seminar berbasis Web) yang dilaksanakan secara daring dan juga luring dan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pontianak.