Seminar Pencegahan Dan Penanggulangan Intoleransi Dan Radikalisme

Intoleransi adalah sebuah paham paham atau pandangan yang mengabaikan seluruh nilai-nilai dalam toleransi yaitu perasaan empati kepada orang atau kelompok lain yang berasal dari kelompok, golongan, atau latar belakang yang berbeda.

Isu intoleran yang ini semakin marak dalam beberapa tahun terakhir seolah-olah sengaja diangkat untuk menciptakan ketidakharmonisan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Bahkan beberapa pihak menilai ini adalah isu yang sengaja diangkat dan diarahkan kepada kelompok tertentu dan bahkan digunakan sebagai alat politik untuk menjatuhkan kelompok yang berbeda pandangan.

Hal inilah yang melatarbelakangi Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura mengadakan seminar dengan tema Pencegahan Dan Penanggulangan Intoleransi Dan Radikalisme.

Kegiatan ini bertujuan :
a. Membekali mahasiswa baru dengan pemahaman yang benar tentang intoleransi dan paham radikalisme yang bertentangan dengan ideologi negara, agar mahasiswa dapat menggunakan akal sehatnya dalam menyikapi isu-isu intoleransi.
b. Mengajak mehasiswa untuk menjunjung rasa kebersamaan dan persaudaraan karena negara kita memiliki keberagaman baik dalam adat istiadat dan agama yang berbeda sehingga sikap saling hormat menghormati dan harga menghargai sangat penting dan harus dijaga agar negara kita menjadi aman, damai dan sejahtera.

Seminar Pencegahan Dan Penanggulangan Intoleransi Dan Radikalisme bagi Mahasiswa Baru Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura dilakukan dalam bentuk Webinar (seminar berbasis Web) yang dilaksanakan juga secara daring dan juga luring pada tanggal 12 September 2020 yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pontianak.