Seminar Revolusi Mental

Gerakan revolusi mental yang digalakan oleh pemerintah Republik Indonesia dewasa ini kiranya sangat penting dilakukan untuk membentuk kembali manusia yang berintegritas terhadap lingkungan dan masyarakat disekitar.

Melihat fakta-fakta rendahnya karakter anak bangsa sekarang ini, Kementerian Pendidikan Nasional telah mencanangkan gerakan nasional berupa pendidikan karakter dalam jenjang waktu 2010 – 2025 melalui Peraturan Presiden No. 87 tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Gerakan nasional pendidikan karakter tersebut diharapkan bisa menjadi solusi atas permasalahan karakter bangsa Indonesia saat ini. Pembangunan karakter bangsa dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain melalui pendidikan, pembelajaran dan fasilitasi (Puspitasari. 2010).

Gerakan nasional revolusi mental ini dapat juga dilakukan dengan cara menagajak mahasiswa baru untuk mulai menata hidupnya dimulai dari sekarang, seperti apa yang ingin dicapai, tujuan untuk kuliah dan karir yang kan dipilih setelah lulus kuliah apakah akan menjadi seorang ASN, bekerja di perusahaan atau menjadi seorang pengusaha yang sukses dibidangnya.

Mengingat pentingnya materi Gerakan Revolusi mental ini diberikan terutama bagi mahasiswa baru maka Fakultas Kehutanan Untan melaksanakan seminar Gerakan Nasional Revolusi Mental dengan tema “Start Your Future from Now ”

Tujuan kegiatan ini antara lain :
a. Mengajak mahasiswa baru untuk berfikir kreatif, kritis, bekerja keras dan berkinginan kuat untuk menjadi bangsa yang maju.
b. Mahasiswa Baru harus memiliki rasa kebangsaan yang tinggi dan bersikap toleran antar sesame
c. Memiliki sikap jujur, amanah serta disiplin yang tinggi dan menghasilkan rasa kebaersamaan untuk membangun bangsa dengan mengedepankan nilai-nilai luhur Pancasila.
d. Memiliki prestasi ditingkat internasional yang dapat mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia

Kegiatan dilakukan dalam bentuk Webinar (seminar berbasis Web) yang dilaksanakan secara daring dan juga luring pada tanggal 11 September 2021 yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pontianak.