Workshop Kewirausahaan dengan Tema “ Forester di Era 5.0”

Kewirausahaan mengalami perkembangan yang cukup pesat di berbagai negara.

Kewirausahaan tidak hanya berperan dalam meningkatkan output dan pendapatan per kapita, namun melibatkan pengenalan atau penerapan perubahan dalam struktur bisnis maupun masyarakat (Slamet et.al, 2014).

Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan ikut memiliki andil dalam mendorong praktikpraktik kewirausahaan yang pada akhirnya memunculkan berbagai penemuan-penemuan produk dan jasa baru bagi konsumen.

Hal ini tentunya membuka peluang kerja baru, membuka pasar baru, dan dalam jangka panjang akan mampu menciptakan pertumbuhan usaha di berbagai sektor.

Sebagai seorang forester banyak sekali usaha-usaha dibidang kehutanan yang dapat dijadikan usah untuk mendokrak perekonomian keluarga dan dapat menjadi sumbahsih juga untuk perekonomian nasional.

Banyak sekali usaha-usaha yang sukses dibidang satu ini karena untuk bidang kehutanan kita tidak hanya berbicara masalah kayu ada hasil hutan lain yang dapat di jadikan komoditi untuk dijual diantaranya a) hasil hutan kayu b) hasil hutan non kayu (Madu, rotan, daun-daun untuk dijadikan herbal, buah-buahan dan lain sebagainya c) Jasa lingkungan (wisata, karbon dan air).

Mengingat pentingnya materi Kewirausahaan ini diberikan terutama bagi mahasiswa baru yang masih belum terfikir untuk masa depannya apakah akan bekerja di kantorana atau menajdi seorang entrepreneur maka Fakultas Kehutanan melaksanakan workshop Kewirausahaan dengan tema “ Forester di Era 5.0”

Tujuan kegiatan ini antara lain :
a. Memotivasi mahasiswa Baru untuk dapat menentukan usaha yang akan digeluti setelah mereka lulus kuliah
b. Mengajak mahasiswa untuk berfikir ke depan guna dapat membuka peluang kerja bagi diri sendiri dan juga masyarakat sekitar di sektor kehutanan.
c. Mahasiswa Baru diajak untuk tidak terfokus mencari kerja tetapi lebih menciptakan peluang kerja
d. Memberikan tambahan wawassan kepada mahasiswa baru bahwa zaman akan semakin berubah perkembangan teknologi dewasa ini yang begitu cepat sehingga mereka apabila akan menjadi seorang pengusaha dapat memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk tanpa Batasan

Kegiatan dilakukan dalam bentuk Webinar (seminar berbasis Web) yang dilaksanakan secara daring dan juga lurin dan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pontianak.