Workshop Kuliah di Era New Normal dan Cara Hidup Sehat dalam mencegah COVID-19

Belakangan ini, disebabkan pandemi Covid-19, istilah new normal menjadi semakin familiar di telinga kita.

Dalam konteks pendidikan, disadari atau tidak, “new normal” telah mulai terjadi secara global sejak pandemi Covid-19.

Kegiatan belajar mengajar yang bisanya dilaksanakan secara tatap muka secara langsung, dimana pendidik dan peserta didik hadir secara fisik di ruang-ruang kelas dan tempat-tempat belajar, kini digantikan dengan kegiatan pembelajaran melalui media elektronik (e-learning) baik secara singkron ataupun secara nir-sinkron.

Meskipun pada kenyataannya, kegiatan belajar mengajar secara e-learning telah dilakukan oleh beberapa perguruan tinggi dari sejak lama, namun cara pembelajaran seperti ini adalah kesadaran (awareness) terhadap era Industrial Revolution 4.0, era yang membawa perubahan pada cara manusia dalam bekerja, berinteraksi dan bertransaksi.

Di Era New Normal ini sudah harus disiapkan sistim dan SDM yang handal untuk mendukung perkulian secara daring karena semua berbasis IT dan jaringan.

Mengingat pentingnya hal ini di sampaikan kepada mahasiswa baru maka Fakultas Kehutanan Untan mengadakan workshop Kuliah di Era New Normal dan Cara Hidup Sehat dalam mencegah COVID-19.

Kegiatan ini bertujuan :
a. Mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan selama new norma melalui daring dengan memanfaatkan jaringan internet dan mahasiswa harus menguasai IT untuk dapat berinteraksi dengan teman-teman minimal faham teknologi.
b. Mahasiswa harus belajar mulai dari sekarang untuk hidup sehat dan menjaga kebersihan dengan memakan makanan yang bergizi dan melaksanakan protokol kesehatan
c. Menimba ilmu tidak memiliki batasan lagi dapat dilakukan di manapun karena kita dapat belajar selama akses internet dapat dijangkau

Workshop di Era New Normal dan Cara Hidup Sehat untuk mencegah COVID-19 bagi Mahasiswa Baru Fakultas Kehutanan Untan Tahun 2020 ini dilaksanakan dalam bentuk Webinar (seminar berbasis Web) yang dilaksanakan secara daring dan juga luring pada tanggal 11 September 2020, yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pontianak.