Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tahun 202

Perguruan tinggi diharapkan dapat memberikan kontribusinya dalam upaya peningkatan pemanfaatn ilmu pengetahuan dan teknologi baru pada berbagai bidang usaha, serta kebutuhan tingkat profesionalisme (knowledge, hard skill dan soft skill).

Salah satu bentuk upaya tersebut dilakukan lewat kegiatan debat.

Debat merupakan media yang tepat dalam memperluas wawasan, melatih kemampuan mahasiswa dalam melakukan analisis, mengungkapkan gagasan, beradu argumentasi dan meyakinkan publik dimana mahasiswa akan dihadapkan pada persoalan-persoalan nyata yang dihadapi suatu masyarakat atau bangsa.

Hal inilah yang melatarbelakangi dilaksanakannya kegiatan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tahun 2021 dengan tema Sustainable Development Goals (SDGs).

Kegiatan ini bertujuan antara lain :
a. Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi melalui media debat ilmiah.
b. Meningkatkan kemampuan bahasa Idonesia dan menciptakan kompetisi yang sehat antar mahasiswa.
c. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk berpikir kritis dan analitis, sehingga mahasiswa mampu bersaing di tingkat nasional mampun internasional
d. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis.
e. Memperkuat karakter mahasiswa melalui pemahaman akan permasalahan nasional dan internasional beserta alternatif pemecahannya melalui kompetisi debat.

Adapun Tim Penilai pada kegiatan ini adalah 3 orang dosen dari Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura yaitu Dr. M. Sofwan Anwari, S.Si, M.Si., Reine Suci Wulandari, S.Hut., M.Si. dan Fathul Yusro,S.Hut., M.Si.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21 Januari s/d 27 Februari 2021 di Fakultas Kehutanan Untan yang diikuti oleh mahasiswa aktif Fakultas Kehutanan Untan dan terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti).