National University Debating Championship (NUDC) 2021

Lomba debat antar perguruan tinggi menjadi bagian penting dari kompetisi di era globaL. Lomba ini menuntut wawasan yang luas, kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan kemampuan beragumentasi.

Kegiatan debat ini mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk berkomunikasi dan mengungkapkan ide atau gagasan mereka dalam bahasa Inggris.

Hal inilah yang melatar belakangi dilaksankannya kegiatan National University Debating Championship (NUDC) 2021 dengan tema Sustainable Development Goals (SDGs).

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini antara lain :
a. Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi melalui media debat ilmiah.
b. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris lisan dan menciptakan kompetisi yang sehat antar mahasiswa.
c. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk berpikir kritis dan analitis, sehingga mahasiswa mampu bersaing di tingkat nasional mampun internasional
d. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis.
e. Memperkuat karakter mahasiswa melalui pemahaman akan permasalahan nasional dan internasional beserta alternatif pemecahannya melalui kompetisi debat.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 21 Januari s/d 20 Februari 2021 di Fakultas Kehutanan Untan yang diikuti oleh mahasiswa aktif Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura, dengan tim penilai yang beranggotakan 3 orang dosen Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura yaitu Dr. Ir. Hanna Artuti Ekamawanti, M.Si., Dr. Hj. Farah Diba, S.Hut., M.Si. dan Yeni Mariani, S.Hut., M.Sc., Ph.D