Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tahun 2021

Pendidikan nasional merupakan ujung tombak dalam mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Perguruan tinggi secara terus-menerus mengembangkan iklim akademis yang demokratis agar dapat mendukung pelaksanaan proses pembelajaran yang mengarahkan mahasiswa menjadi insan cerdas, komprehensif, dan kompetitif.

Kemampuan ini dapat diperoleh mahasiswa melalui pembekalan secara formal dalam kurikulum pembelajaran, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Salah satu upaya untuk mendukung pencapaian dan sekaligus sebagai indikatornya, Ditjen Dikti mengadakan kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi, yaitu pemilihan mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

Hal inilah yang melatar belakangi dilaksanakannya Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tahun 2021.

Kegiatan ini bertujuan antara lain :
a. Memilih dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang meraih prestasi tinggi.
b. Memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melak¬sa¬na¬kan kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler sebagai wahana menyinergikan hard skills dan soft skills mahasiswa.
c. Mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan iklim kehidupan kampus yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi yang membanggakan secara berkesinam¬bungan

Kegiatan ini dilaksanakan pada 11 Februari sd 13 Maret 2021 yang diikuti oleh mahasiswa aktif Fakultas Kehutanan Untan maksimal semester VI dan memiliki Indeks Prestasi Kumulatif 3,00.

Adapun Tim Penilai pada kegiatan PILMAPRES Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura 2021 adalah 3 orang Guru besar Fakultas Kehutanan yaitu Prof. Dr. Dwi Astiani, M.Sc., Prof. Dr. Ir. Yuliati Indrayani, M.Si. dan Prof. Dr. H.A. Oramahi, S.TP., M.P.