Webinar Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Kehidupan Kampus di Masa Pandemi

Revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan kemunculan super komputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, cloud computing, big data, rekayasa genetika dan perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi otak telah menyebabkan perubahan di berbagai bidang kehidupan, tidak terkecuali di Perguruan Tinggi.

Dengan adanya revolusi industri membawa perubahan di Perguruan Tinggi seperti saat pandemic seperti sekarang
Dosen dan pegawai dapat melaksanakan bekerja dari rumah tetapi dapat melayani mahasiswa secara digital.

Revolusi Industri memiliki dampak yang sangat besar terhadap pola atau sistem perkuliahan, mahasiswa dapat belajar tanpa perlu beratatap muka langsung dengan dosen tetapi dengan menggunkan daring perkuliahan dapat berjalan dengan lancar.

Selain memperkenalkan mahasiswa pada perubahan-perubahan yang terjadi di dunia pendidikan tinggi, mahasiswa baru juga diperkenalkan dengan Organisasi dan Tata Kerja di Universitas Tanjungpura yang tertuang dalam peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2015 Tanggal 10 September 2015.

Hal inilah yang melatarbelakangi dilaksanakannya “Webinar Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Kehidupan Kampus di Masa Pandemi”.

Kegiatan ini bertujuan membekali mahasiswa baru dengan pengetahuan terkait Revolusi Industri 4.0 dan perubahan sistem pembeajaran di masa pandemi.

Mahasiswa baru juga dibekali dengan wawasan yang luas tentang pemanfaatan teknologi di berbagai aspek sehingga mahasiswa dapat menggali berbagai informasi baru dengan memgakes ilmu pengetahuan dan berita terbaru.

Selain itu, dengan mengetahui tentang organisasi dan tata laksana di Universitas Tanjungpura, diharapkan mahasiswa baru dapat mengurus administrasi dengan mudah dan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar.

Kegiatan dilakukan dalam bentuk Webinar (seminar berbasis Web) yang dilaksanakan secara daring pada tanggal 13 Agustus 2021 oleh bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Kehutanan Untan, dengan peserta kegiatan terdiri dari seluruh mahasiswa baru Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pontianak.