Webinar Membumikan Kesadaran Bela Negara Bagi Mahasiswa Baru

Pilar adalah tiang penyangga suatu bangunan agar bisa berdiri secara kokoh. Bila tiang rapuh maka bangunan akan mudah roboh. Hal ini berlaku dalam semua sisi kehidupan, termasuk dalam kehidupan bernegara. Negara yang kokoh dibangun atas pilar-pilar yang saling menopang satu sama lain.

Indonesia sebagai sebuah negara memiliki empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang merupakan kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami dan dijalankan seluruh masyarakat. Empat pilar ini menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat. Konsep Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara ini terdiri dari : Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika

Untuk membangun kesadaran akan keempat pilar ini, maka perlu dilakukan upaya-upaya pengenalan sejak dini kepada generasi mudah Indonesia mulai dari bangku sekolah sampai perguruan tinggi.

Hal inilah yang melatarbelakangi dilakukannya “Webinar Membumikan Kesadaran Bela Negara untuk Mahasiswa Baru Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura”. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan sejak dini empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang terdiri dari : Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.

Kegiatan dilakukan dalam bentuk Webinar (seminar berbasis Web) yang dilaksanakan secara daring pada tanggal 13 Agustus 2021 oleh bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Kehutanan Untan, dengan peserta kegiatan terdiri dari seluruh mahasiswa baru Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pontianak.