Webinar Pengenalan Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia Bagi Mahasiswa Baru

Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat membawa revolusi industri 4.0 yang mendisrupsi seluruh sendi kehidupan manusia. Dunia pendidikan tinggi, tak terkecuali, juga dihadapkan pada dunia yang tidak pasti.

Pekerjaan dan cara bekerja berubah, banyak jenis pekerjaan yang salama ini aman tiba-tiba hilang digantikan oleh robot dan teknologi, sementara pekerjaan baru yang tidak pernah terpikirkan bermunculan.

Revolusi industri 4.0 semakin menguatkan ekonomi berbasis inovasi dengan kebutuhan kompetensi baru. Salah satu modal utama bagi tumbuhnya inovasi dan knowledge economy adalah pool of creative talents yang dihasilkan oleh perguruan tinggi.

Oleh karena itu tidak ada pilihan lain bagi pendidikan tinggi dan perguruan tinggi sebagai lembaga penyelenggaranya kecuali untuk berubah, bertransformasi menjadi lebih adaptif terhadap perubahan. Bila tidak cepat beradaptasi maka perguruan tinggi akan kehilangan relevansinya dan ditinggalkan oleh mahasiswa.

Perkembangan sistem pendidikan yang semakin maju inilah yang melatarbelakangi dilaksanakannya kegiatan “Webinar Mengenal Sistim Pendidikan Tinggi di Indonesia” dengan tujuan untuk mengenalkan mahasiswa dengan sistem pendidikan di perguruan tinggi sebagai bekal agar mereka lebih siap menerima tantangan di perguruan tinggi 4.0, meningkatkan soft skills dan hard skills mahasiswacagar lebih siap dan relevan sesuai dengan kebutuhan zaman.

Kegiatan workshop ini dilaksanakan secara daring pada tanggal 12 Agustus 2021 yang diselenggarakan oleh bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Kehutanan Untan, dengan peserta kegiatan adalah seluruh mahasiswa baru Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pontianak.