Webinar Kiat Sukses dan Motivasi Belajar di Perguruan Tinggi

Prestasi akademik dapat diraih dengan mengembangkan bakat (kemampuan) dengan pengetahuan yang didapat melalui proses pendidikan.

Perguruan tinggi harus dapat memfasilitasi mahasiswa dalam mengenali dan mengembangkan minat dan bakatnya dalam rangka meraih prestasi baik akademis maupun non akademis.

Hal ini berperan penting dalam membekali mahasiswa ketika memasuki dunia kerja.

Di sisi lain, tren saat ini di kalangan generasi muda yang berstatus mahasiswa untuk memulai berwirausaha adalah hal yang sangat positif.

Salah satu bentuk dukungan yang bisa diberikan oleh perguruan tinggi antara lain banyaknya kesempatan untuk mengikuti pendidikan pelatihan sebagai seorang wirausaha muda dan skema pembiayaan yang diberikan oleh pemerintah bagi mahasiswa yang memiliki jiwa entrepereneur dan membuka usaha.

Kegiatan ini bertujuan :
1. Membantu mahasiswa mengenali minat dan bakatnya sendiri sehingga akan mempermudah menentukan arah ke jenjang selanjutnya.
2. Menggali potensi wirausaha muda sejak di bangku kuliah, sehingga bukan hanya mencari kerja setelah lulus, tapi justru bisa menciptakan lapangan kerja baru.

Kegiatan dilakukan dalam bentuk Webinar (seminar berbasis Web) secara daring pada tanggal 14 Agustus 2021 oleh bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Kehutanan Untan, yang diikuti seluruh mahasiswa baru Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pontianak.

Ada 3 sub materi yang diberikan kepada mahasiswa baru sub materi yang pertama tentang Sukses Akademik dan Pengembangan Minat daan Bakat yang disampaikan oleh Sapto Prayogo, S.Hut yang merupakan alumni Fakultas Kehutanan Untan.

Dalam materinya bang Sapto mengajak mahasiswa untuk aktif di organisasi dan mengembangkan minat dan bakat serta peningkatan prestasi akademik serta memanfaatkan waktu untuk hal-ha yang positif.

Materi selanjtnya adalah Sukses Berwirausaha Sejak Kuliah yang disampaikan oleh dedy armadi, S.Hut. Dalam materinya Bang Dedy beberapa tips untuk mahasiswa diantaranya jangan takut gagal, fokus terhadap hasil yang ingin dicapai, ulet dan pekerja keras, berkomitmen, yakin dan jangan lupa berdoa agar semua yang kita lakukan mendapat berkah.

Materi yang ketiga yaitu tentang General Education dalam pembinaan mahasiswa yang disampaikan oleh Ir. Erianto, M.P. Dalam materi beliau menyampaikan agar mahasiswa mengetahui minat dan bakat dengan aktif mengikuti organisasi di Fakultas Kehutanan.