Webinar Untan Green Campus dan Kesadaran Lingkungan Hidup

Semua komponen yang berada di dalam lingkungan hidup merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan membentuk sistem kehidupan yang disebut ekosistem.

Ekosistem yang merupakan bagian utama dari lingkungan hidup, adalah lingkungan yang sangat dinamis, karena banyaknya komponen yang terlibat di dalamnya.

Jika salah satu komponen tersebut berubah maka sistem adaptasi dari organisme yang ada untuk menjaga keseimbangan akan mengalami perubahan.

Karena ekosistem merupakan pusat segala aktivitas yang menyediakan sumber makanan dan kebutuhan lain bagi makhluk hidup maka keseimbangan komponen di dalamnya harus dijaga dengan baik.

Kondisi keseimbangan tersebut kemungkinan dapat berubah dengan adanya campur tangan manusia dengan segala aktivitas pemenuhan kebutuhan yang terkadang melampaui batas.

Kegiatan ini bertujuan untuk :
1. Mengajak mahasiwa untuk selalu memperhatikan kebersihan lingkungan
2. Memberikan informasi bagi mahasiswa baru bahwa Untan adalah kampus yang mencanangkan program Green Campus sehingga mahasiswa diharapkan menjadi pioner untuk program penghijauan dan efisiensi energi dan hemat air.
3. Mahasiswa dapat menjadi penyuluh lapangan kepada masyarakat tentang pentingnya kesadaran lingkungan.

Kegiatan dilakukan dalam bentuk Webinar (seminar berbasis Web) secara daring pada tanggal 13 Agustus 2021 di Fakultas kehutanan Untan oleh bidang Kemahasiswaan dan Alumni, yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pontianak.

Materi disampaikan oleh Dr. H. Winardi , ST., MT. dosen Fakultas Teknik jurusan Teknik Lingkungan, didalam materinya Bapak Dr Winardi membahas tentang pentingnya Kesadaran lingkungan dan mengetahui permasalahan Lingkungan Hidup (lokal, nasional, global), serta diharapkan Kesadaran Lingkungan harus menjadi pertimbangan utama untuk dimasukkan dalam kurikulum di Perguruan Tinggi.