Universitas Tanjungpura
Fakultas Kehutanan
Selamat Datang Di Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura
Masa Perkuliahan Semester Gasal 1516 3 September 2015 s/d 8 Januari 2016
NOTA KESEPAHAMAN MOU ANTARA BBTMC- BPPT & FAHUTAN- UNTAN. PRIORITAS, FOKUS, TARGET & SINERGIS. 25 JULI 2016

KETENTUAN TATA TERTIB UMUM DAN SANKSI

  1. KETENTUAN TATA TERTIB UMUM
  1. Seluruh mahasiswa Fakultas Kehutanan harus memenuhi semua peraturan baik yang ditentukan oleh Fakultas Kehutanan maupun oleh Universitas Tanjungpura dan semua lembaga yang ada di dalamnya.
  2. Seluruh mahasiswa Fakultas Kehutanan harus berlaku jujur dan bertanggung jawab dalam proses belajar mengajar.
  3. Seluruh mahasiswa Fakultas Kehutanan harus jujur, bertanggung jawab dan tepat waktu dalam proses administrasi akademik.
  4. Seluruh mahasiswa Fakultas Kehutanan dilarang untuk melakukan pelanggaran terhadap peraturan tata tertib akademik berupa pelanggaran tata tertib perkuliahan dan ujian.
  5. Seluruh mahasiswa Fakultas Kehutanan dilarang melakukan tibdakan berupa pemalsuan dokumen akademik, plagiatisme atau pengakuan karya orang lain sebagai miliknya, memakai gagasan, pernyataan data, peta dan berbagai sumber milik orang lain tanpa izin atau menyebut sumber aslinya.
  6. Seluruh mahasiswa Fakultas Kehutanan dilarang melakukan kegiatan perjokian yakni menggantikan kewajiban orang lain atau digantikan oleh orang lain dalam pelaksanaan ujian.
  7. Seluruh mahasiswa Fakultas Kehutanan dilarang memiliki, membuat, membawa, menyimpan, memperdagangkan dan meyebarluaskan obat-obatan terlarang (narkotika) dan minuman keras.
  8. Seluruh mahasiswa Fakultas Kehutanan harus bertingkah laku sopan, dan menjalin hubungan yang baik dan wajar baik sesama mahasiswa maupun dengan dosen/pengajar dan karyawan administrasi.
  9. Mahasiswa harus berpakaian/tata busana dan berpenampilan yang sopan (tidak diperkenankan memakai kaos oblong,pakaian ketat dan sandal jepit) rapi dan wajar serta wajib membawa kartu mahasiswa sebagai jati diri.
  10. Mahasiswa dilarang memberi sesuatu dalam bentuk dan cara apapun yang dapat mempengaruhi dosen atau pengajar serta karyawan dan siapapun yang bertujuan mempengaruhi keputusan dosen atau Fakultas Kehutanan dan Universitas Tanjungpura yang berhubungan dengan dirinya atau lainnya baik di bidang akademik maupun administratif.
  11. Mahasiswa harus menjaga ketenangan, kebersihan dan ketertiban lingkungan dan situasi di kampus agar dapat menciptakan iklim kampus yang harmonis.
  12. Mahasiswa harus memelihara dan menjaga keutuhan dan kelestarian kampus dan semua perlengkapannya, baik lingkungan, bangunan maupun peralatan yang ada di kampus.
    1. PELANGGARAN DAN SANKSI
  1. Pelanggaran terhadap ketentuan yang dimuat dalam buku pedoman ini akan dikenakan sanksi sesuai derajat kesalahan.
  2. Terjadinya pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan dalam buku pedoman ini sebaiknya dilaporkan dalam bentuk tertulis kepada pimpinan fakultas, disertai kronologi kejadian dan bukti-bukti yang valid.
  3. Setelah adanya laporan tertulis yang lengkap, maka unsur  pimpinan melakukan klarifikasi terhadap pihak yang diduga terlibat dan saksi-saksi.
  4. Hasil klarifikasi ini dibahas dalam rapat pimpinan fakultas yang selanjutnya akan diambil keputusan final yang dapat berupa keputusan bersalah, dan tidak bersalah terhadap terdakwa pelanggar.
  5. Keputusan rapat pimpinan terhadap terdakwa pelanggar bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
  6. Jika terdakwa pelanggar diputuskan bersalah, maka rapat pimpinan dapat memberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku dan bobot sanksinya ditentukan dalam rapat pimpinan tersebut.
  7. Bentuk sanksi yang lain akan ditetapkan kemudian oleh pimpinan fakultas.
  8. Bentuk sanksi yang dapat diberikan sesuai derajat kesalahan pelanggar adalah:
    1. Ditegur secara lisan.
    2. Peringatan secara tertulis.
    3. Pemberhentian sementara (skorsing) satu semester atau lebih.
    4. Diberhentikan dari Fakultas Kehutanan.
  9. Sanksi pada ayat (2) 1.a. di atas dapat diberikan oleh Dekan, Pembantu Dekan, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, dan Dosen serta Kepala Bagian dan Kepala sub Bagian.
  10. Sanksi pada ayat (2) 1.b. dan c. diberikan oleh Dekan setelah diadakan sidang penyidikan.
  11. Sanksi pada ayat (2) 1.d. hanya dapat diberikan oleh Dekan, setelah mengadakan sidang penyidikan dan setelah mendengar pendapat Senat Fakultas Kehutanan.
  12. Mahasiswa yang dikenakan sanksi pada ayat (2) 1.b. atau (2) 1. c. Harus membuat Surat Pernyataan tertulis tidak akan melakukan pelanggaran tata tertib dikemudian hari.

Komentar

comments powered by Disqus