Visi & Misi Fahutan Untan

Visi Fakultas Kehutanan
Visi Fakultas Kehutanan dirumuskan dengan mengacu dan berpedoman kepada visi Universitas Tanjungpura yang penekanannya pada disiplin ilmu.

Visi yang dicanangkan perlu direalisasikan yaitu :

Menjadi Pusat Peyelenggaraan Pendidikan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang Unggul Berbasis Sumber Daya Hutan Tropis Untuk Menghasilkan luaran Yang Mampu Bersaing Di Tingkat Nasional, Regional Maupun Internasional.”

Misi Fakultas Kehutanan
Untuk mewujudkan misi ini, Fakultas Kehutanan akan menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi global tanpa meninggalkan potensi khas Daerah Kalimantan Barat dalam tataran wawasan nasional.

Dengan demikian, misi Fakultas Kehutanan adalah :

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Unggul Untuk Menghasilkan Lulusan Yang Profesional Berbasis Sumber Daya Hutan Tropis.
  2. Meyelenggarakan Penelitian Yang Inovatif Berbasis Sumberdaya Hutan Tropis Untuk Mendukung Pendidikan Yang Unggul .
  3. Meyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Sumber Daya Hutan bTropis.
  4. Menjalin Kerjasama Secara Berkelanjutan Dengan Institusi Pemerintah Dan Swasta. Mengembangkan Tata Kelola Fakultas Yang Transparan Dan Akuntabel.
    .

Tujuan Fakultas Kehutanan
Visi dan misi Fakultas Kehutanan sebagaimana diuraikan di atas dalam pelaksanaan Tri Dharma dapat dijabarkan menjadi tujuan-tujuan sebagai berikut :

  1. Membangun suasana akademik dan kerja yang kondusif sehingga terbina dan tercipta proses belajar mengajar yang harmonis dan bermutu.
  2. Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran serta sarana dan peralatan pendidikan dalam rangka menghasilkan lulusan yang berkualitas.
  3. Mengembangkan kemampuan bidang minat/bakat, penalaran dan pemberian beasiswa kepada mahasiswa.
  4. Membangun tradisi penelitian yang berkelanjutan dan menyelaraskan serta mengimplementasikan hasil penelitian kepada semua pihak terkait.
  5. Mengembangkan kerjasama dan memberikan pelayanan secara akademis kepada pihak ketiga dalam pembangunan kehutanan.
  6. Secara aktif melakukan komunikasi dengan masyarakat akademis, baik lokal, nasional maupun Internasional dalam pelestarian hutan topika basah dan peningkatan sumber daya manusia.