Tumbuhan langka koleksi Arboretum Sylva Untan ini berhasil mekar. Ini pesan Dekan!

Tumbuhan langka koleksi Arboretum Sylva Untan ini berhasil mekar. Ini pesan Dekan!

Pada hari Jumat, 5 April 2023, Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura (UNTAN) beserta Ketua BEM Sylva Indonesia PC Untan mengunjungi Arboretum Sylva UNTAN untuk melihat mekarnya tumbuhan amorphophallus paeoniifolius atau yang biasa dikenal dengan bunga bangkai.

Tahun ini menjadi spesial karena kebetulan tumbuhan amorphophallus paeoniifolius yang langka dan jarang mekar berhasil tumbuh dan mekar di Arboretum Sylva UNTAN.

Dalam kunjungan tersebut, Dekan Fakultas Kehutanan UNTAN, Dr. Ir. Farah Diba, S.Hut, M.Si, IPU, menyampaikan rasa kagumnya terhadap keberhasilan tim Arboretum Sylva UNTAN dalam memelihara tumbuhan amorphophallus paeoniifolius dan berhasil membuatnya mekar. “Ini merupakan suatu prestasi yang sangat membanggakan dan patut diapresiasi. Selain itu, keberhasilan ini juga menunjukkan komitmen dan kecintaan kami terhadap pelestarian tumbuhan langka,” ujar Farah Diba.

Arboretum Sylva UNTAN sendiri merupakan kawasan hutan pendidikan yang dibangun oleh Fakultas Kehutanan UNTAN sebagai tempat praktikum dan penelitian bagi mahasiswa dan staf pengajar. Selain itu, Arboretum Sylva UNTAN juga berfungsi sebagai kawasan edukasi lingkungan hidup bagi masyarakat sekitar dan sebagai wadah untuk melestarikan keanekaragaman hayati.

Dalam kunjungan ini, Dekan Fakultas Kehutanan UNTAN juga mengajak masyarakat untuk dapat dating ke Arboretum Sylva Untan dan menyaksikan secara langsung mekarnya tumbuhan langka ini.

Dekan juga memberikan apresiasi dan dukungan atas upaya Arboretum Sylva UNTAN dalam melestarikan keanekaragaman hayati dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. “Saya berharap Arboretum Sylva UNTAN terus menjadi tempat yang inspiratif dan inovatif dalam menjalankan fungsi pendidikan, penelitian, dan pelestarian lingkungan hidup,” tutup Farah Diba.

Bagikan
«
»

Tinggalkan Balasan