Fakultas Kehutanan UNTAN

Kuliah Umum PULAI Series 13: Fakultas Kehutanan UNTAN Hadirkan Dr. Valeria Verrone Bahas Peran Mikroba dalam Ekosistem

Pontianak, 7 Mei 2024 – Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura (UNTAN) sukses menyelenggarakan kuliah umum bertajuk “Pengembangan Kurikulum dan Akademik (PULAI) Series 13.” Acara ini merupakan bagian dari program pengembangan akademik dengan mengangkat tema “Microbes and How They Shape Niches and Ecosystems,” menghadirkan narasumber terkemuka, Ibu Dr. Waleria Verrone dari National University Singapore Environmental Research Institute (NERI).

Kuliah umum yang digelar di Aula Bungur Fakultas Kehutanan UNTAN ini dihadiri oleh ratusan peserta, termasuk dosen dan mahasiswa melalui luring maupun daring melalui Channel Youtube Fahutan Untan. Dr. Valeria Verrone, seorang ahli mikrobiologi lingkungan, memberikan pemaparan mendalam mengenai peran penting mikroba dalam membentuk ceruk ekologi dan ekosistem. Beliau menjelaskan bagaimana mikroorganisme, meskipun ukurannya sangat kecil, memiliki dampak besar terhadap keseimbangan ekosistem dan keberlanjutan lingkungan.

Dalam presentasinya, Dr. Valeria Verrone menguraikan berbagai studi kasus yang menunjukkan interaksi kompleks antara mikroba dan komponen ekosistem lainnya, termasuk tanaman, hewan, dan unsur abiotik. Beliau juga menekankan pentingnya memahami dinamika mikroba dalam upaya konservasi hutan dan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Acara ini tidak hanya memberikan wawasan baru bagi para peserta, tetapi juga membuka ruang diskusi interaktif antara peserta dan narasumber. Diskusi tersebut meliputi berbagai topik seperti aplikasi bioteknologi mikroba dalam kehutanan, potensi mikroba dalam bioremediasi, serta implikasi penelitian mikroba terhadap pengembangan kebijakan lingkungan.

Dekan Fakultas Kehutanan UNTAN, Dr. Ir. Farah Diba, S.Hut, M.Si, IPU dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi atas kehadiran Dr. Valeria Verrone. Beliau berharap melalui kegiatan seperti ini, Fakultas Kehutanan UNTAN dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, serta berkontribusi dalam pemecahan masalah lingkungan secara global.

Kuliah umum ini juga disiarkan secara langsung melalui platform daring channel youtube Fahutan Untan, sehingga dapat diikuti oleh khalayak yang lebih luas. Dengan demikian, Fakultas Kehutanan UNTAN menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan yang berkelanjutan dan relevan dengan tantangan zaman.

Kegiatan kuliah umum PULAI Series 13 ini diharapkan menjadi awal dari rangkaian kuliah umum lainnya yang akan terus memperkaya wawasan akademis dan praktis bagi seluruh Civitas Akademika Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura.

Tinggalkan Komentar

Lokasi Kampus

Search