Fakultas Kehutanan UNTAN

Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Buka Wawasan Kepemimpinan Global dalam Kuliah Umum PULAI Series-12 Dalam Rangka Dies Natalis ke-65 Universitas Tanjungpura Pontianak

Pontianak, 12 Mei 2024 – Dalam rangka merayakan Dies Natalis ke-65 Universitas Tanjungpura, Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura menggelar kuliah umum PULAI (Pengembangan Kurikulum dan Akademik) Series 12.” Kuliah umum ini mengusung tema yang sangat relevan dan kritikal, yakni “Landscape Environmental Safeguard and Transglobal Leadership.” Kegiatan ini diadakan di Teater 1 Gedung Konferensi Universitas Tanjungpura, yang menarik perhatian tidak hanya dari kalangan akademisi dan mahasiswa, tetapi juga para praktisi dan pengambil kebijakan.

Kuliah umum ini memiliki keistimewaan dengan menghadirkan Bapak Dr. Ir. Bambang Hendroyono, M.M, IPU (Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia) sebagai narasumber. Beliau menyampaikan materi yang sangat penting mengenai upaya-upaya strategis dalam menjaga kelestarian lingkungan dalam kerangka kepemimpinan global dan transnasional. Pemaparan Bapak Dr. Bambang Hendroyono menekankan pada pentingnya integrasi antara kebijakan lingkungan dan strategi pembangunan yang berkelanjutan untuk menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.

Selain itu, kuliah umum ini juga menjadi forum diskusi antara para peserta dengan narasumber mengenai berbagai inisiatif yang bisa diambil oleh sektor akademis dalam mendukung kebijakan lingkungan. Diskusi ini menghasilkan berbagai insight baru yang bisa diterapkan dalam kurikulum akademik universitas, khususnya yang berkaitan dengan kepemimpinan lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam.

Rektor Universitas Tanjungpura, Bapak Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H, M.Si menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Universitas Tanjungpura untuk terus mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Beliau berharap, dengan adanya kuliah umum ini, Universitas Tanjungpura dapat lebih berperan aktif dalam membentuk pemimpin masa depan yang memiliki kepekaan tinggi terhadap isu-isu lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Kuliah umum ini dihadiri lebih dari 400 peserta secara luring maupun daring yang terdiri dari dosen, mahasiswa, praktisi dan para pemerhati lingkungan. Kegiatan ini juga disiarkan secara langsung melalui platform digital Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura, sehingga dapat diakses oleh lebih banyak lagi masyarakat yang berkepentingan.

Dengan adanya kuliah umum ini, Universitas Tanjungpura berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya global untuk melindungi lingkungan, serta mempersiapkan generasi yang siap menjadi pemimpin yang mampu menjawab tantangan zaman.

Tinggalkan Komentar

Lokasi Kampus

Search