Fakultas Kehutanan UNTAN

Ramin Series 11

Frekuensi dan intensitas bencana di Indonesia terus MENINGKAT selama 15 tahun terakhir!!

Bencana meteorologi merupakan bencana yang diakibatkan oleh parameter-parameter (curah hujan, kelembaban, temperatur, angin) meteorologi.

Kekeringan, banjir, badai, kebakaran hutan, longsor, puting beliung, gelombang dingin dan gelombang panas, adalah beberapa contoh bencana Hidrometeorologi.

Bencana tersebut dimasukan kedalam bencana meteorologi karena bencana diatas disebabkan atau dipengaruhi oleh faktor-faktor meteorologi.

Intensitas bencana alam yang terus meningkat adalah akibat daya dukung lingkungan yang dari tahun ke tahun semakin lemah. Kerusakan ekologi terjadi secara masif karena didorong oleh penyalahgunaan lahan.

Kawasan hulu yang seharusnya menjadi zona lindung, resapan air, dan penyangga sistem hidrologi telah berubah menjadi pertanian, perkebunan, pertambangan, dan permukiman.

Banyak peran hutan dalam pengendalian daur air yang harus dapat direstorasikan kembali jika ingin dapat berkontribusi dalam pengurangan resiko bencana hidrometeorologi.

Dan yang terpenting, seluruh pihak harus dapat berperan dan berkontribusi dalam pemulihan lingkungan dan hutan untuk mewarisi generasi penerus lingkungan yang lebih baik.

Inilah yang melatar belakangi Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura menyelenggarakan Webinar Keilmuan dari praktisi dan industry (RAMIN) yang telah memasuki seri ke-11 dengan mengangkat tema “Peran Hutan dalam Mitigasi Kebencanaan Hidrometeorologi di Kalimantan Barat”. Narasumber pada Ramin Seri ke-11 ini adalah Bapak Prof. Ir. Chay Asdak, M.Sc, Ph.D yang merupakan Guru Besar dari Universitas Padjajaran.

Webinar akan dilaksanakan secara daring via zoom pada link berikut: bit.ly/raminseries11

Hari Sabtu tanggal 5 November 2022 dari pukul 09.00 – 11.30 WIB.

Acara juga dapat disaksikan melalui Live Streaming di YouTube Channel Fahutan Untan.

Background Zoom bisa didownload pada link dibawah ini:
bit.ly/backgroundzoomraminseries11

Mari jaga hutan kita dari bencana yang diakibatkan tangan-tangan manusia!

Tinggalkan Komentar

Lokasi Kampus

Search