Fakultas Kehutanan UNTAN

Rapat dengan Mitra / Stakeholder Umpan Balik Kebutuhan Lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura

Pontianak, 8 September 2023 – Fakultas Kehutanan melaksanakan rapat Koordinasi dengan instansi terkait dengan Mitra dan stakeholder pada tanggal 8 September 2023 yaitu tentang Roadmap penyerapan Lulusan yang Bekerja, Melanjutkan Studi atau Berwirausaha khususnya untuk capaian Indikator Kinerja Utama (IKU.1.1.) Persentase lulusan S1 dan D4/D3/D2 yang berhasil mendapat pekerjaan; melanjutkan studi; atau menjadi wiraswasta.

Berdasarkan uraian tersebut maka perlu dibuat roadmap sebagai acuan bagi pimpinan unit kerja untuk mencapai target IKU sesuai dengan roadmap yang dibuat dan harus dilaksanakan sehingga hasil dari capaian IKU dapat terwujud. Harapan dari Indikator Kinerja Utama adalah Perguruan Tinggi tidak hanya mampu untuk menghasilkan seorang sarjana baru setiap tahun tetapi bagaimana sarjana yang dihasilkan dapat memberikan kontribusi diantaranya dapat mengetahui bahwa sarjana yang lulus dapat diterima bekerja baik di instansi pemerintah atau swasta, dan apakah mereka juga dapat melanjutkan studi atau menjadi seorang wirausaha. 

Harapan tersebut dapat terealisasi bagaimana unit kerja dalam hal ini Fakultas Kehutanan membuat suatu roadmap yang hasil akhirnya adalah tercapai Indikator Kinerja Utama (IKU 1.1)

Selanjutnya dilakukan rapat koordinasi dengan stakeholder dan Mitra Fakultas Kehutanan Untan pada tanggal 8 September 2023 melalui zoom meeting yang dibuka oleh Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura yaitu Ibu Dr. Ir. Farah Diba, S.Hut., M.Si., IPU serta yang dalam sambutannya meminta saran dan masukan dari instansi terkait dan juga Mitra. Adapun moderator pada kegiatan rapat kali ini adalah Ibu Wakil Dekan Bidang kemahasiswaan dan Alumni yaitu Ibu Ir Reine Suci Wulandari, S.Hut., M.P, IPMT dan ketua pembuatan Roadmap adalah Ibu Inayah, S.Hut., M.M. yang mana tujuan dari pembuatan roadmap itu sendiri adalah :
1. Membuat indikator keberhasilan, dan yang harus dilakukan saat mahasiswa masih berada pada semester 1 hingga semester akhir dengan mempersiapkan diri sehingga mahasiswa dapat mengetahui apa yang akan dilakukan saat sudah lulus
2. Memberikan bekal kepada mahasiswa baik itu berupa pelatihan peningkatan soft skills sehingga lulusan Fakultas Kehutanan mempunyai kompetensi sehingga dapat bersaing dengan lulusan lainnya
3. Memberikan pembekalan kepada mahasiswa pelatihan kiat sukses menjadi wirausaha dengan mendatangkan wirausaha muda yang berhasil baik dari alumni Fakuktas Kehutanan sendiri atau bidang lainnya

Ada beberapa masukkan dari instansi terkait diantaranya yaitu dari Hutan Tanaman Industri yaitu Bapak Dikdik Sodikin diantara perlunya sertifikasi yang dimiliki lulusan Fakultas Kehutanan seperti : SVLK : Sistem verifikasi legalitas dan kelestarian (Sertifikat-Pengelolaan Hutan Lestari) SMK3 : Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, SPOTT : Sustainable Policy Transpatancy Toolkit, IFC : Internasional Finance Corporation, HCV : High Conservation Value, HCS : High Carbon Stock.

Perwakilan dari Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya yaitu dari Bapak Doni Maja Perdana menyambut baik adanya pembuatan roadmap dan perlu evaluasi roadmap setiap tahunnya terkait kebutuhan lulusan karena akan terjadi perubahan.

Saran dari ketua IKAHUT yaitu Bapak Adi Mulia yaitu perlunya lulusan memiliki sertifikasi masalah lingkungan, diberikan pelatihan dari hasil TPDA, melakukan kerjasama dengan Mitra yang mengeluarkan sertifikasi.

Selanjutnya saran dari Bapak Ali Hayat dari PRCF perlunya alumni Kehutanan untuk diberikan pelatihan sebagai pendamping di Perhutanan sosial. Masukkan lain disampaikan oleh Suharyono dari KPH Kubu Raya Perlu yang menyarankan perlunya mempertimbangkan kurikulum vokasi 30 % teori dan 70 % praktek. Kemudian untuk mata kuliah unggulan disesuaikan dengan potensi daerah agar lulusan dapat dibekali dengan skill yang mumpuni. Pihak UNTAN perlu juga membuat MOU dengan Pemda dan pelaku usaha di Kalbar agar dapat mengakomodir lulusan Fakultas Kehutanan.

Diharapkan dengan adanya tambahan masukkan dari instansi terkait dan juga Mitra sehingga roadmap yang disusun dapat memuat semua tahapan kegiatan yang harus dilaksanakan sehingga target capain IKU 1.1. Fakultas Kehutanan Untan dapat tercapai.

Tinggalkan Komentar

Lokasi Kampus

Search