Fakultas Kehutanan UNTAN

Rapat Koordinasi dengan Mitra dan Stakeholder : Identifikasi Kemitraan dan Daya Tampung Lulusan Kehutanan Universitas Tanjungpura

Pontianak, 18 September 2023 – Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura melaksanakan Rapat Koordinasi dengan Mitra dan Stakeholder untuk membentuk jejaring kerja dalam rangka melakukan Identifikasi Kemitraan dan Daya Tampung Lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura.

Jejaring kerja ini merupakan sistem pendukung yang memiliki potensi untuk memberikan kontribusi dalam pencapaian tujuan pribadi maupun pencapaian tujuan organisasi. Semakin luas nya dan beragamnya jejaring kerja yang Anda miliki maka makin banyak juga potensi modal sosial yang bisa didapatkan untuk mendukung pencapaian tujuan Anda dan organisasi Anda.

Setiap tingkat pemerintahan pasti ada hal hal yang yang memerlukan “Kerjasama” untuk dapat efektif dan efisiennya sebuah kebijakan. Pemerintah Pusat dalam mensosialisasikan kebijakan yang masif perlu dukungan Kerjasama dengan daerah-daerah begitu juga halnya dengan dunia Pendidikan. 

Perlu adanya Kerjasama antara Fakultas Kehutanan dan juga berbagai Mitra atau stakeholder yang ada sehingga kegiatan proses belajar dapat berjalan lancar baik itu Kerjasama dalam hal magang, penelitian atau Kerjasama dalam penerimaan alumni kehutanan untuk dapat diterima bekerja diinstansi dari mitra atau stakeholder. 

Untuk mendapakan umpan balik kebutuhan lulusan maka Fakultas Kehutanan universitas Tanjungpura melakukan Rapat Koordinasi dengan mengundang Mitra dan Stakeholder terkait untuk mengetahui kebutuhan lulusan yang diakan diterima bekerja atau magang di Perusahaan.

Selanjutnya dilakukan rapat koordinasi dengan stakeholder dan Mitra Fakultas Kehutanan Untan pada tanggal 18 September 2023 di hotel Mercure Pontianak kegiatan rapat ini dilaksanakan secara Hybrid dan juga melali streaming youtube. 

Kegiatan dibuka oleh Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura yaitu Ibu Dr. Ir. Farah Diba, S.Hut., M.Si., IPU serta yang dalam sambutannya meminta saran dan masukan dari instansi terkait dan juga Mitra tentang lulusan seperti apakah yang dibutuhkan dan kesiapan Mitra/stakeholder untuk menampung lulusan dari Fakultas kehutanan Untan. Adapun moderator pada kegiatan rapat kali ini adalah Ibu Wakil Dekan Bidang kemahasiswaan dan Alumni yaitu Ibu Ir Reine Suci Wulandari, S.Hut., M.P, IPMT dan ketua rapat adalah Ibu Inayah, S.Hut., M.M.

Adapun tujuan dari pelaksanaan rapat identifikasi
1. Diharapkan dengan melaksanakan identifikasi kemitraan yang dapat menyerap lulusan Fakultas Kehutanan dan mengetahui Kebutuhan seperti apa yang dibutuhkan oleh Mitra dan stakeholder
2. Mempersiapkan lulusan Fakultas Kehutanan Untan yang sesuai dengan kebutuhan mitra/stakeholder
3. Mendapatkan masukan dari mita tentang pentingnya kompetensi dari lulusan sehingga mereka dapat bersaing dengan lulsan dari Perguruan Tinggi lainnya

Kegiatan rapat ini sendiri dihadiri oleh 80 peserta yang terdiri dari 46 Mitra/stakeholder dan 34 terdiri dari Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Fakultas kehutanan Universitas Tanjungpura. 

Hasil Rapat adalah Mitra dan stakeholder siap menerima lulusan dan meminta Fakultas Kehutanan Untan juga siap membekali mahasiswa dengan softskill dan juga kompetensi atau syarat lain yang dibutuhkan oelh Perusahaan aau mitra.

Tinggalkan Komentar

Lokasi Kampus

Search