Fakultas Kehutanan UNTAN

Pemaparan Hasil Magang MBKM di USAID SEGAR

Magang merupakan salah satu program studi yang diwajibkan pada beberapa perguruan tinggi. Program magang ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam dunia kerja dan mengasah keterampilan serta keahlian yang dimiliki oleh mahasiswa.

Program magang ini juga memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa dalam menjalani karir di masa depan. Salah satu program magang yang diberikan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan adalah Magang Berkualitas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (MBKM) 20 SKS.

Program magang MBKM 20 SKS menawarkan banyak manfaat bagi mahasiswa yang mengikutinya. Berikut adalah beberapa manfaat dari program magang MBKM 20 SKS:

  1. Menambah pengalaman kerja Program magang MBKM 20 SKS memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berinteraksi langsung dengan dunia kerja. Dalam program magang ini, mahasiswa akan diajak bekerja di perusahaan atau instansi yang terkait dengan bidang studinya. Dengan begitu, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman langsung dalam menghadapi berbagai situasi di dunia kerja.
  2. Memperluas jaringan sosial Dalam program magang MBKM 20 SKS, mahasiswa akan bertemu dengan banyak orang yang berbeda latar belakang dan pengalaman. Dengan begitu, mahasiswa dapat memperluas jaringan sosialnya dan membangun hubungan yang bermanfaat untuk masa depannya.
  3. Mengasah keterampilan Dalam program magang ini, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk mengasah keterampilan yang dimiliki, baik itu keterampilan teknis maupun keterampilan sosial. Dengan begitu, mahasiswa dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif.
  4. Meningkatkan peluang kerja Program magang MBKM 20 SKS dapat meningkatkan peluang kerja bagi mahasiswa. Dengan pengalaman kerja yang dimiliki dan jaringan sosial yang luas, mahasiswa akan lebih mudah dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang studinya.
  5. Menambah pengetahuan dan wawasan Program magang ini juga dapat memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan bagi mahasiswa. Mahasiswa dapat belajar tentang proses kerja di perusahaan atau instansi yang terkait dengan bidang studinya. Dengan begitu, mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang bidang studinya.
  6. Mendapatkan pengakuan dan sertifikat Setelah menyelesaikan program magang MBKM 20 SKS, mahasiswa akan mendapatkan pengakuan dan sertifikat dari kementerian pendidikan dan kebudayaan. Sertifikat ini dapat menjadi nilai tambah bagi mahasiswa dalam mencari pekerjaan atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Setelah menyelesaikan program magang, mahasiswa harus melakukan pemaparan hasil magang sebagai bagian dari penilaian.

Pemaparan hasil magang merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk membagikan pengalaman mereka selama menjalani magang di suatu perusahaan atau instansi. Selain itu, pemaparan hasil magang juga memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa, antara lain:

  1. Meningkatkan kemampuan presentasi Dalam pemaparan hasil magang, mahasiswa harus mempresentasikan pengalaman mereka selama menjalani magang. Dengan begitu, mahasiswa akan memperoleh pengalaman dalam melakukan presentasi yang baik dan efektif. Kemampuan presentasi yang baik akan menjadi nilai tambah bagi mahasiswa dalam karir mereka di masa depan.
  2. Meningkatkan kepercayaan diri Melakukan pemaparan hasil magang juga dapat meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa. Dalam pemaparan hasil magang, mahasiswa harus berbicara di depan publik dan memaparkan hasil magang mereka. Dengan pengalaman tersebut, mahasiswa akan merasa lebih percaya diri dalam berbicara di depan publik.
  3. Meningkatkan keterampilan komunikasi Selain kemampuan presentasi, mahasiswa juga akan memperoleh pengalaman dalam berkomunikasi dengan publik. Dalam pemaparan hasil magang, mahasiswa harus menjelaskan pengalaman mereka secara jelas dan terstruktur. Dengan begitu, mahasiswa akan memperoleh keterampilan komunikasi yang baik dan efektif.
  4. Menunjukkan kemampuan kerja Pemaparan hasil magang juga menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan kerja mereka kepada publik. Dalam pemaparan hasil magang, mahasiswa dapat memaparkan berbagai kegiatan yang telah mereka lakukan selama menjalani magang. Dengan begitu, mahasiswa dapat menunjukkan kemampuan kerja mereka yang sesuai dengan bidang studi yang diambil.
  5. Mendapatkan umpan balik Pemaparan hasil magang juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan umpan balik dari publik. Dengan begitu, mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari hasil magang yang mereka lakukan. Umpan balik tersebut dapat membantu mahasiswa dalam memperbaiki diri dan meningkatkan keterampilan mereka di masa depan.
    Oleh karena itu, Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura bekerjasama dengan USAID Segar mengadakan kegiatan pemaparan hasil magang 20 SKS di USAID Segar. Mahasiswa yang telah menyelesaikan kegiatan magang 20 SKS di USAID harus mempresentasikan hasil magang mereka selama beberapa bulan. Pada kegiatan ini ada 2 orang mahasiswa Fakultas Kehutana Universitas Tanjungpura yang melakukan presentasi hasil magangnya.

Diharapkan kedepan kegiatan ini dapat terus dilanjutkan dan dilakukan juga oleh mahasiswa yang melakukan magang di tempat lain.

Tinggalkan Komentar

Lokasi Kampus

Search